LOMBA DESAIN REVITALISASI KAWASAN TOEGOE PEMBANGOENAN POERWAKERTA

Dilihat : 5918 Kali, Updated: Rabu, 07 Agustus 2019
LOMBA DESAIN REVITALISASI  KAWASAN TOEGOE PEMBANGOENAN POERWAKERTA

Toegoe Pembangoenan adalah salah satu tugu yang merupakan bangunan monumen di kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas dan merupakan landmark kota Purwokerto. Tugu ini terletak di simpang Jalan Jend. Gatot Subroto dan Jalan Merdeka. Letak tugu ini persis di depan Rumah Dinas eks Residen Banyumas.

Berdirinya Tugu Pembangunan tidak lepas dari Program Pembangunan Nasional yang dicanangkan oleh Bung Karno dengan nama Pembangunan Semesta Berencana. Melalui prasasti yang ada di Tugu Pembangunan tertulis : TOEGOE PEMBANGOENAN AYOENAN TJANGKOEL PERTAMA, 1 DJANOEARI 1961. PERESMIAN, 1 DJOENI 1961. Dengan berdirinya Tugu Pembangunan ini menunjukkan bahwa masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Banyumas siap melaksanakan pembangunan.

Saat ini, kawasan di sekitar Tugu Pembangunan yang meliputi koridor Jalan Merdeka dan Jalan Jend. Gatot Subroto yang mempunyai nilai historis karena banyak bangunan kuno yang dibuat pada masa Kolonial Belanda sehingga Kawasan Tugu Pembangunan ini kental suasana Poerwakerta Tempo Doeloe. Agar suasana tempo dulu ini semakin menarik untuk dikunjungi oleh siapapun maka kawasan ini perlu direvitalisasi. Melalui revitalisasi,  kawasan Tugu Pembangunan akan mampu menjadi salah satu bagian yang bisa merepresentasikan sejarah kota Purwokerto. Disamping itu dapat menjadi salah satu daya tarik wisata di kota Purwokerto.

Formulir pendaftaran dan Kerangka Acuan Kerja (KAK) LOMBA DESAIN REVITALISASI KAWASAN TOEGOE PEMBANGOENAN POERWAKERTA dapat diunduh di menu download atau klik link berikut :

https://static.banyumaskab.go.id/website/file/website_1208190321545d5121a22d84a.zip

Poster/ Pamflet Lomba Toegoe Pembangunan

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomer telepon DINPERKIM Kab. Banyumas (0281) 640359

 

Komentar