Rumah Kompos DCKKTR Kab Banyumas

Dilihat : 11978 Kali, Updated: 02 04 2014 12:35:17
Rumah Kompos DCKKTR Kab Banyumas

Dengan anggaran tahun 2013, DCKKTR Kabupaten Banyumas membangun sebuah prototipe Rumah Kompos sebagai pioneer pembangunan rumah kompos - rumah kompos lainnya. Rumah kompos yang sudah terbangun ini berdiri di komplek perkantoran DCKKTR Kabupaten Banyumas dengan ukuran panjang 12 meter dan lebar 3,25 meter. Untuk operasional pengelolaan bangunan ini dikelola oleh Seksi Kebersihan dan Pengelolaan Sampah dengan 3 operator didalamnya.

 Rumah Kompos DCKKTR Kab.Banyumas

 

Bahan baku yang dipakai untuk membuat kompos ini memanfaatkan daun - daun yang ada di sekitar kantor DCKKTR serta daun - daun hasil pemangkasan pohon - pohon perindang disekitar Perkotaan Purwokerto yang reguler dilakukan oleh DCKKTR.

Penggilingan daun - daun bahan pupuk kompos

 Pengadukan daun hasil gilingan di bak nomer 1

Setelah kurang lebih 30 hari daun yang sudah digiling dan diberi mikroba ini diendapkan maka pupuk kompos sudah siap untuk dimanfaatkan. Dalam sehari Rumah Kompos DCKKTR Kabupaten Banyumas ini bisa menghasilkan pupuk kompos sekitar 25 plastik ukuran 5 kg dan untuk sementara ini pupuk kompos yang dihasilkan dimanfaatkan oleh internal DCKKTR Kabupaten Banyumas untuk merawat taman - taman yang ada di Kabupaten Banyumas

Komentar