Kepala Bidang Pengembangan Permukiman

Kepala Bidang Pengembangan Permukiman

Ringkasan Tugas

Merumuskan konsep kebijakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan,  pembinaan, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi kegiatan pengelolaan pengembangan permukiman dan peningkatan kualitas lingkungan guna sinkronisasi dan pengelolaan secara efektif, efisien dan rasional.

 Uraian Tugas

  1. merumuskan konsep program kerja bidang pengembangan permukiman sebagai pedoman dan acuan pelaksanaan tugas;
  2. mengkoordinasikan sosialisasi/pemberitahuan pada masyarakat tentang pembangunan jalan lingkungan, penanganan permukiman kumuh dan pengelolaan sarana lainnya yang dimiliki Pemerintah;
  3. mendistribusikan tugas dan menyelia tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
  4. melaksanakan koordinasi bidang pengembangan permukiman dengan unit kerja di lingkungan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman agar terwujud sinkronisasi pelaksanaan tugas dinas;
  5. mengkoordinasikan penyiapan data dan informasi sebagai bahan penyusunan program dan perencanaan teknis pembangunan jalan lingkungan ataupun jalan setapak/pedestrian;
  6. mengkoordinasikan pemantauan, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan perencanaan teknis, pembangunan konstruksi jalan, penanganan permukiman kumuh, pemeliharaan/pengembangan makam milik Pemerintah dan pengelolaan drainase;
  7. mengkoordinasikan penanggulangan apabila terjadi bencana/kerusakan lingkungan karena faktor alam di kawasan permukiman;
  8. mengkoordinasikan pemeliharaan sarana lainnya yang dimiliki pemerintah;
  9. mengarahkan dan menilai kinerja bawahan dengan mengevaluasi hasil kerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
  10. menyampaikan saran dan masukan kepada atasan untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan penerapan kebijakan pengembangan permukiman;
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugasnya.